Langsung ke konten utama

Watashi no Tomodachi

Sebelum membaca ini, aku ingin kau menyiapkan jawaban dari pertanyaan ini di akhir cerita. Siapakah Aku dan Temanku?.
Aku sedang berbaring. Menunggu kantuk mengambil alih pada malam hari. Seperti biasa, di dalam benak, seperti taman yang ramai dengan pikiran. Lalu lalang berbagai hal yang terpikir. Sekolah, pelajaran, tugas, dan teman. Ya, teman. Seketika aku seperti dihantam suatu hal yang amat besar ketika kata “teman” menyapa pikiranku. Aku merasakan setiap sel otak terkesima ketika kata “teman” menyapa mereka. Entahlah, aku tak tahu darimana asalnya, tetapi aku hanya berbicara pada diri sendiri “apakah kau akan memiliki teman?”.
            Seperti biasa, aku datang ke sekolah. Menurunkan kursi, menyimpan tas, melepas jaket, kemudian duduk. Aku tertegun dan menolak. Kemudian ku teruskan membaca buku. Aku ingin menyapa seisi kelas, atau disapa sebagian orang. Tetapi pikiran dinginku mengambil alih. Aku terdiam, bibirku beku untuk berbicara, mukaku datar, ekspresiku seperti barang pajangan yang ditinggal di rumah. Hari pun dilanjutkan, aku tahu hari itu akan menjadi hari yang sangat melelahkan, dimana otak disandera perasaan. Saat orang yang cenderung logis, diterpa perasaan kesendirian.
            Aku sudah tidak kuat. Ingin rasanya aku mencabik cabik perasaan sendiri, namun pada kenyataannya, aku yang tercabik perasaan itu sendiri. Aku ingin sekedar memberi tahu pada dunia apa yang aku rasa, yang aku inginkan, semua terasa berat. Namun tetap, setiap aku akan melalukannya, tenggorokanku tercekat, seketika beku, tak ada kata yang keluar.
Aku hanya melakukan rutinitasku. Setiap hari membuka media sosial, tetapi tidak bersosial. Dan pada suatu waktu, aku memutuskan berbicara pada seseorang. Aku mengawali dengan pertanyaan “apakah aku terlalu baik?”, dan seterusnya. Apa kau tahu apa yang terjadi selanjutnya?. Percakapan yang mendalam. Aku tidak menyangka bagaimana diriku di benak orang lain. Aku terlalu kaku. Terlalu kreatif untuk menyimpulkan figurku sendiri dalam benak orang lain. Aku tidak yakin bagaimana selanjutnya, namun ternyata, ini membawaku ke ruang baru dunia. Dimana aku dapat mengintip orang lain, dan bertemu orang lain, teman.
Pada awalnya, aku tak mau mengakui. Tetapi, memiliki teman dan berteman jauh berbeda dengan merenung sendiri. Aku tidak menyangka akan menjadi se-mengasyikan ini. Mau tahu bagaimana yang ku sebut teman itu?. Ia setinggi diriku, bertubuh tegap, menyenangkan, menyebalkan, kekanak kanakan. Ia suka bercerita. Ia suka olahraga. Ia suka bercanda. Ia hangat, jauh berbeda denganku yang dingin.
Sekarang, mungkin aku sudah sedikit berbeda. Entahlah, aku hanya ingin berusaha menjadi orang yang sejuk, aku tidak ingin menjadi orang yang dingin lagi. Karena aku memiliki teman. Kau tahu? Berkatnya aku menyadari bagaimana rasanya pergi ke toilet hanya untuk mengantar teman, bagaimana dibully oleh teman, dan bagaimana rasanya memberi saran pada teman. Menyebalkan bukan? Tapi tidak bagiku. Karena semua itu, aku tersadar aku sudah mempunyai teman. Dan hatiku terhentak, aku tak mau menjadi pribadiku yang dingin kembali, aku tak mau lagi merasakan kesendirian dalam keramaian.
Coba tebak, apa alasanku untuk menaruh rangkaian huruf pada hal ini ?. Sebelum itu, aku hanya ingin bertanya bagaimana aku sekarang ?. Aku punya pendapat, tapi kau lebih berhak menilai. Aku menulis ini karena aku ingin orang yang kusebut teman menjadi lebih dewasa seiring bertambahnya usia. Tetap diberi kesehatan, kasih sayang, rezeki yang halal, kesabaran dalam hidup, dan ilmu yang bermanfaat. Aku hanya ingin meminta maaf, karena hanya ini yang bisa ku berikan, aku minta maaf tidak bisa memberi lebih. Aku ingin mengucapkan terima kasih karena sudah menjadi temanku dan selamat ulang tahun.

Aku tak sabar menunggu hari esok untuk bertemu temanku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes Galli Mainini (GM Test)

Tahukah Anda? Apa hubungannya kodok jantan dewasa dengan kehamilan? Sedikit mengherankan bahwa kedua hal itu berhubungan, namun hubungan tersebut merupakan suatu hal besar. Tes Galli Mainini namanya, tes ini ditemukan oleh Carlos Galli Mainini pada 1952 dengan tujuan untuk mengetahui apakah seseorang sedang mengalami kehamilan atau tidak. Seorang wanita yang sedang hamil akan memproduksi hormon Human Chorionic Gonadotropin atau hormon HCG. Hormon inilah yang berperan penting dalam berlangsungnya Tes Galli Mainini ini. Untuk melaksanakan tes ini, ada beberapa hal yang dibutuhkan, seperti : Kodok jantan dewasa Urin wanita yang diduga hamil Alat suntik Mikroskop Berikut merupakan langkah kerja dalam pelaksanaan Tes Galli Mainini. Pastikan dalam urin kodok tidak terdapat sperma, dengan cara kodok dikagetkan, dengan ini kodok akan mengeluarkan urin atau istilahnya kencing. Sperma kodok dapat diamati di bawah mikroskop. Setelah dipastikan bahwa urin kodok tidak mengan

Perjalanan Menuju SMANSA Garut

Pada awalnya, saya tak terpikirkan akan melanjutkan jenjang SMA saya di salah satu SMA terbaik di Kabupaten Garut. Garut? Ya, kota yang dijuluki Swiss Van Java ini adalah tempat adanya SMAN 1 Garut (yaiyalah -_-). Pada saat kelas 3 SMP, saya ngebet banget pengen masuk SMA Tarnus, atau Taruna Nusantara yang ada di Magelang itu. Singkat cerita, saya mendaftar dan menyerahkan syarat syarat administrasi seperti nilai raport, surat surat dan lainnya. Namun, takdir berkata lain, saya tidak bisa melanjutkan proses penerimaan siswa baru ke tahap selanjutnya, karena nilai saya kurang 1 poin pada mata pelajaran IPA kelas 7 semester 1. Sempat sedih, namun tak patah semangat, karena saya optimis masuk SMA favorit di kota sendiri. Saya pun ikut mayoritas siswa bimbang yang bukan siswa siapa siapa lagi. Udah lulus SMP tapi belum keterima SMA. Syarat syarat pendaftaran, biaya administrasi, kejelasan keberadaan berkas pendaftaran, passing grade SMA, semua itu memenuhi pikiran selain harapan a